
Untuk mempromosikan suatu usaha atau bisnis, dibutuhkan alat promosi yang efektif. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media cetak seperti brosur, katalog dan flyer promosi murah. Meskipun pembuatan ketiga media itu memakan biaya yang hampir sama, ketiganya memiliki fungsi dan dampak yang berbeda bagi masing-masing konsumen. Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan ketiga media promosi tersebut berikut ini.
Perbedaan Brosur, Katalog dan Flyer Promosi Murah
Dalam upaya promosi, hampir semua pelaku usaha menggunakan media cetak sebagai promosi, meskipun media digital saat ini semakin marak dan populer. Tentu Anda tidak asing lagi dengan istilah brosur, katalog dan flyer. Akan tetapi sebagian orang sering menganggap ketiganya sama. Padahal meskipun sama-sama berupa media cetak, antara brosur, katalog dan flyer promosi murah memiliki perbedaan satu sama lain.
1. Brosur
Brosur merupakan media promosi yang paling banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Selain murah, brosur juga dinilai efektif meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Biasanya dalam brosur tercantum profil usaha, produk dan jasa yang ditawarkan disertai dengan gambar dan harga, keunggulan dan keuntungan bila membeli produk tersebut, serta cara mendapatkannya. Dari sisi fisik, biasanya brosur dicetak bolak-balik dan dilipat hingga membentuk beberapa panel yang terpisah.
2. Flyer
Flyer merupakan versi sederhana dari brosur. Hanya isinya saja yang membuat flyer dan brosur berbeda. Jika brosur lebih menonjolkan keunggulan sebuah produk, flyer lebih menonjolkan program khusus yang bersifat sementara, seperti program berhadiah, diskon khusus, dan cuci gudang. Biasanya flyer dibagikan 1-2 minggu sebelum event berlangsung. Jadi, setelah event selesai, informasi yang disampaikan tidak berguna lagi.
Berbeda dengan brosur yang sifatnya berlangsung lebih lama, kecuali pelaku usaha tidak memproduksi produk yang sama lagi. Dari segi fisik, desain flyer terbilang lebih menarik, eye catching dan memorable, daripada brosur, karena tujuannya adalah untuk menangkap perhatian calon konsumen dalam waktu 1/5 detik. Wow! Selain itu, flyer promosi murah juga menggunakan kertas yang lebih murah karena harus disebarkan ke banyak orang dalam masa tertentu dan hanya berlaku selama event berlangsung.
3. Katalog
Dibandingkan brosur dan flyer, media katalog memuat informasi yang paling lengkap dan tepat untuk mempromosikan banyak produk. Di dalam katalog, anda akan melihat gambar produk disertai spesifikasi, kelebihan, keunggulan, harga, dan terkadang diskon. Banyaknya produk yang dimuat membuat calon pelanggan dapat membandingkan antara satu produk dengan produk lainnya sehingga ia lebih mudah untuk memilih mana yang paling sesuai keinginan dan budget. Contoh penggunaan katalog dapat dilihat dari beberapa perusahaan seperti Carrefour, Giant, Alfamart, Indomaret, Shopie Martin, dan Oriflame.
Itulah tadi perbedaan brosur, katalo, dan flyer promosi murah. Anda dapat memilih sendiri media cetak mana yang paling efektif untuk menarik pelanggan baru dan mendongkrak penjualan produk anda. Di BMP Promotions, Anda bisa memesan brosur, katalog dan flyer dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau.
0 comments:
Post a Comment